Laman

Kamis, 23 April 2015

10 Faktor Yang mempengaruhi pendapatan AdSense

10 Faktor Yang mempengaruhi pendapatan Adsense - Apa itu Google Adsense?,  AdSense adalah salah satu media periklanan gratis, yang sangat populer saat ini, banyak para publisher adsense indonesia khususnya yang sudah meraup keuntungan cukup besar, hanya bermodalkan blog atau situs, dan banyak pula para blogger indonesia yang berganti haluan yang pada awalnya menjadi seorang pekerja kini beralih menjadi publisher adsense sebagai seorang full time blogger, bukan tanpa alasan, adsense memang salah satu metode iklan yang cukup efektif untuk mendapatkan penghasilan.

10 Faktor yang mempengaruhi nilai CPC dan pendapatan google AdSense
Nilai CPC google AdSense


Memang untuk mendapatkan penghasilan melalui google adsense bukan perkara mudah, setidaknya harus kerja kerja keras dan punya trik tersendiri sehingga bisa menghasilkan penghasilan yang diharapkan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan mengenai faktor yang bisa mempengaruhi pendapata google AdSense yaitu sebagai berikut:

1. Faktor Jumlah Visitor

Visitor adalah pengunjung yang datang mengunjungi blog kita, visitor bisa datang dari berbagai sumber, ada yang mungkin menemukan blog kita dari media sosial, ada juga pengunjung yang bersumber dari backlink yang kita pasang pada komentar blog, atau pengunjung bisa datang dari mesin pencari ketika mereka melakukan pencarian. visitor sangat berperan sekali dalam mempengaruhi besar kecilnya pendapatan google AdSense, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari adsense semakin besar, karena semakin banyak pengunjung, maka peluang jumlah klik pada iklan Adsense yang kita pasang akan semakin banyak.

2. Faktor Jenis Visitor

Untuk menjaring pengunjung, yang perlu kita prioritaskan adalah pengunjung organik, atau pengunjung yang datang mengunjungi blog kita bersumber dari mesin pencari Google, pengunjung jenis ini disinyalir bisa mempengarruhi Cost per click (CPC) atau biaya perclick google Adsense, klik yang dilakukan pengunjung yang bersumber dari mesin pencari google, lebih besar nilainya jika kita bandingkan dengan pengunjung yang datang dari sumber lainnya, oleh karena itu untuk mendapatkan nilai CPC lebih besar, kita harus mengupayakan pengunjung organik, untuk menjaring pengunjung organik, salah satu caranya adalah melibatkan optimasi seo didalam blog yang kita kelola, baik itu melakukan optimasi seo onpage maupun optimasi seo Offpage.

3. Faktor Bahasa artikel yang digunakan

Faktor bahasa memang sangat menentukan besar kecilnya nilai CPC google AdSense, untuk mendapatkan nilai CPC tertinggi sebaiknya blog kita isi dengan artikel-artikel bahasa inggris, apa penyebabnya nilai CPC artikel berbahasa inggris bisa lebih besar daripada artikel berbahasa indonesia ?, alasannya adalah target pengunjung, artikel berbahasa inggris target pengunjungnya kemungkinan dapat menjaring pengunjung dari luar negeri, misal Amerika, Inggris dan negara asing lainnya, sementara mata uang asing memiliki nilai  yang besar jika dibandingkan dengan mata uang lokal indonesia, ketika pengunjung datang dari luar negeri, iklan adsense akan menyesuaikan dengan iklan lokal dari negara mana pengunjung tersebut berasal, untuk ukuran orang indonesia, iklan yang dipasang oleh advertiser dari negara asing biasanya memiliki nilai CPC tinggi jika dibandingkan iklan dari indonesia, menyesuaikan dengan mata uang mereka, sehingga berpengaruh juga pada nilai klik iklan yang akan kita dapatkan. beberapa informasi yang saya dapatkan, bahwa nilai CPC untuk iklan dari negara asing bisa sampai 10$ sampai dengan 100$ perklik.

4. Faktor Niche Blog

Besar kecilnya nilai CPC iklan Adsense sangat dipengaruhi oleh isi artikel, iklan google adsense yang ditampilkan pada umumnya akan menyesuaikan dengan konten atau isi artikel secara keseluruhan, oleh karena itu untuk mendapatkan nilai CPC tinggi kita harus mengetahui niche blog apa saja yang disinyalir memiliki nilai CPC yang tinggi, memang google Adsense sendiri sangat merahasiakan nilai CPC untuk tiap iklannya, hanya advertiser atau pemasang iklan dan pihak adsense saja yang tau persis berapa nilai CPC untuk tiap iklannya, namun kita bisa mencari referensi dari berbagai sumber online untuk mendapatkan informasi mengenai niche atau topik blog apa saja yang memang benar-benar memiliki nilai CPC tinggi.

Oleh karena itu, jika kita fokus di adsense sebaiknya mencari niche blog yang memang benar-benar memiliki nilai CPC yang tinggi, sehingga penghasilan perkliknya juga akan semakin besar.

5. Faktor Lokasi Penempatan Iklan

Lokasi penempatan unit iklan google adsense, adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan google AdSense, penempatan yang baik akan mempengaruhi jumlah klik terhadap iklan google adsense yang kita pasang, semakin banyak jumlah klik tentu saja nilai dolar yang kita peroleh akan semakin besar. lantas dimanakan lokasi terbaik kita bisa menempatkan iklan google Adsense ?, dalam istilah adsense, kita mengenal heat map, yaitu titik-titik tertentu dalam halaman blog kita yang sangat baik untuk meletakan iklan adsense, pada umumnya lokasi tersebut adalah, titik-titik tertentu dalam blog kita yang banyak mendapatkan perhatian pengunjung. ketika kita menempatkan unit iklan adsense pada lokasi tersebut, maka akan berpengaruh pada jumlah klik iklan adsense yang kita miliki.
 

6. Faktor Level Domain Situs

Domain situs dengan Top Level Domain (TLD) bisa mempengaruhi besar kecilnya nilai CPC google Adsense, nilai CPC iklan adsense yang kita pasang pada situs dengan Top Level Domain (.com,.org, .co.id, dll) akan lebih besar jika dibandingkan dengan nilai CPC iklan adsense yang dipasang pada blog gratisan, seperti .blogspot, .wordpress dan lain-lain, beberapa blogger yang sudah berpengalaman menggeluti adsense, sudah membuktikan akan hal ini, oleh karena itu, jika kita punya sedikit modal dan memutuskan untuk fokus lebih serius di Adsense, sebaiknya kita memikirkan untuk memiliki TLD sendiri, sehingga pendapatan dari google adsense bisa lebih maksimal.

7. Faktor Bounce Out Rate

Bounce out rate adalah ukuran lama tidaknya pengunjung nongkrong di situs atau blog anda, semakin pengunjung berlama-lama disitus anda, berarti nilai bounce out rate akan semakin kecil, semakin pengunjung cepat meninggalkan blog anda, maka nilai bounce out rate akan semakin besar, tugas kita jika kita ingin mendapatkan nilai CPC yang tinggi adalah, berusaha untuk memperkecil bounce out rate, cara memperkecil bounce out rate adalah dengan menyajikan konten yang berkualitas, unik dan original, semakin kecil bounce out rate maka nilai CPC akan semakin besar.

8. Faktor Jumlah dan jenis Iklan dalam satu halaman

Google adsense mengizinkan kita memasang iklan paling tidak 3 iklan dalam satu halaman, semakin banyak iklan yang kita pasang maka peluang mendapatkan klik akan semakin banyak juga, namun semakin banyak iklan yang kita pasang dalam satu halaman maka nilai CPC untuk tiap iklan akan semakin kecil, anda tinggal bijak dalam menentukan pilihan untuk jumlah iklan ini, jika pengunjung sudah membludak, disarankan memperkecil jumlah iklan, nilai CPC untuk 1 iklan dalam satu halaman akan lebih baik dari pada 3 iklan dalam satu halaman, selain itu jenis dan ukuran iklan yang kita pasang juga menentukan nilai CPC, sebaiknya memilih iklan yang dapat menyajikan text dan gambar secara berganti, dan ukuran iklan sebaiknya memilih iklan yang berdimensi 300 x zzz, karena iklan ini paling banyak diminati oleh para advertiser, semakin banyak peminat iklan maka iklan adsense yang ditampilkan akan memiliki nilai CPC yang lebih baik.

9. Faktor Kata kunci dan Kualitas Artikel

Untuk mendapatkan nilai adsense yang baik, kita harus memperhatikan isi artikel, untuk mendapatkan nilai adsense yang beragam dan baik, sebaiknya kita membuat artikel yang panjang, berkualitas, informatif dan kaya akan kata kunci, semakin banyak isi artikel maka kata kunci yang bisa kita target akan semakin banyak, jika kata kunci banyak iklan adsense akan menyesuaikan dengan kata kunci pada artikel yang bersangkutan, semakin banyak ragam iklan yang ditampilkan, peluang mendapatkan iklan dengan CPC tinggi pun akan semakin baik.

10. Faktor Loading Blog atau Situs

Loading blog adalah salah satu faktor yang diperhitungkan dalam SEO, semakin cepat loading blog maka peluang artikel untuk ditemukan mesin pencari akan semakin baik, loading blog sangat disukai oleh mesin pencari atau search enggine, dan bukan hanya mesin pencari, pengunjungpun secara tidak langsung sangat menyukai loading blog yang cepat, dengan loading blog yang cepat pelung pengunjung mengklik iklan yang kita pasang akan semakin cepat. dan blog yang kita miliki akan mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari, dengan demikian visitor akan semakin banyak dan akan berpengaruh pada pendapatan google adsense kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar