10 Faktor Yang mempengaruhi pendapatan Adsense - Apa itu Google Adsense?,
AdSense adalah salah satu media periklanan gratis, yang sangat populer
saat ini, banyak para publisher adsense indonesia khususnya yang sudah
meraup keuntungan cukup besar, hanya bermodalkan blog atau situs, dan
banyak pula para blogger indonesia yang berganti haluan yang pada
awalnya menjadi seorang pekerja kini beralih menjadi publisher adsense
sebagai seorang full time blogger, bukan tanpa alasan, adsense memang
salah satu metode iklan yang cukup efektif untuk mendapatkan
penghasilan.
Nilai CPC google AdSense
Memang untuk mendapatkan penghasilan melalui google adsense bukan perkara mudah, setidaknya harus kerja kerja keras dan punya trik tersendiri sehingga bisa menghasilkan penghasilan yang diharapkan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan mengenai faktor yang bisa mempengaruhi pendapata google AdSense yaitu sebagai berikut:
1. Faktor Jumlah Visitor
Visitor adalah pengunjung yang datang mengunjungi blog kita, visitor
bisa datang dari berbagai sumber, ada yang mungkin menemukan blog kita
dari media sosial, ada juga pengunjung yang bersumber dari backlink yang
kita pasang pada komentar blog, atau pengunjung bisa datang dari mesin
pencari ketika mereka melakukan pencarian. visitor sangat berperan
sekali dalam mempengaruhi besar kecilnya pendapatan google AdSense, maka
peluang untuk mendapatkan penghasilan dari adsense semakin besar,
karena semakin banyak pengunjung, maka peluang jumlah klik pada iklan
Adsense yang kita pasang akan semakin banyak.
2. Faktor Jenis Visitor
Untuk menjaring pengunjung, yang perlu kita prioritaskan adalah pengunjung organik, atau
pengunjung yang datang mengunjungi blog kita bersumber dari mesin
pencari Google, pengunjung jenis ini disinyalir bisa mempengarruhi Cost per click (CPC) atau biaya perclick google Adsense,
klik yang
dilakukan pengunjung yang bersumber dari mesin pencari google, lebih
besar nilainya jika kita bandingkan dengan pengunjung yang datang dari
sumber lainnya, oleh karena itu
untuk mendapatkan nilai CPC lebih besar, kita harus mengupayakan
pengunjung organik, untuk menjaring pengunjung organik, salah satu
caranya adalah melibatkan
optimasi seo didalam blog yang kita kelola, baik itu melakukan optimasi seo onpage maupun optimasi seo Offpage.
3. Faktor Bahasa artikel yang digunakan
Faktor bahasa memang sangat menentukan besar kecilnya nilai CPC google
AdSense, untuk mendapatkan nilai CPC tertinggi sebaiknya blog kita isi
dengan artikel-artikel bahasa inggris, apa penyebabnya nilai CPC artikel berbahasa inggris bisa lebih besar daripada artikel berbahasa indonesia ?,
alasannya adalah target pengunjung, artikel berbahasa inggris target
pengunjungnya kemungkinan dapat menjaring pengunjung dari luar negeri,
misal Amerika, Inggris dan negara asing lainnya, sementara mata uang
asing memiliki nilai yang besar jika dibandingkan dengan mata uang
lokal indonesia, ketika pengunjung datang dari luar negeri, iklan
adsense akan menyesuaikan dengan iklan lokal dari negara mana pengunjung
tersebut berasal, untuk ukuran orang indonesia, iklan yang dipasang
oleh advertiser dari negara asing biasanya memiliki nilai CPC tinggi
jika dibandingkan iklan dari indonesia, menyesuaikan dengan mata uang
mereka, sehingga berpengaruh juga pada nilai klik iklan yang akan kita
dapatkan. beberapa informasi yang saya dapatkan, bahwa nilai CPC untuk
iklan dari negara asing bisa sampai 10$ sampai dengan 100$ perklik.
4. Faktor Niche Blog
Besar kecilnya nilai CPC iklan Adsense sangat dipengaruhi oleh isi
artikel, iklan google adsense yang ditampilkan pada umumnya akan
menyesuaikan dengan konten atau isi artikel secara keseluruhan, oleh
karena itu untuk mendapatkan nilai CPC tinggi kita harus mengetahui
niche blog apa saja yang disinyalir memiliki nilai CPC yang tinggi,
memang google Adsense sendiri sangat merahasiakan nilai CPC untuk tiap
iklannya, hanya advertiser atau pemasang iklan dan pihak adsense saja
yang tau persis berapa nilai CPC untuk tiap iklannya, namun kita bisa
mencari referensi dari berbagai sumber online untuk mendapatkan
informasi mengenai niche atau topik blog apa saja yang memang
benar-benar memiliki nilai CPC tinggi.
Oleh karena itu, jika kita fokus di adsense sebaiknya mencari niche blog yang memang benar-benar memiliki nilai CPC yang tinggi, sehingga penghasilan perkliknya juga akan semakin besar.
Oleh karena itu, jika kita fokus di adsense sebaiknya mencari niche blog yang memang benar-benar memiliki nilai CPC yang tinggi, sehingga penghasilan perkliknya juga akan semakin besar.
5. Faktor Lokasi Penempatan Iklan
Lokasi penempatan unit iklan google adsense, adalah salah satu faktor
yang dapat mempengaruhi pendapatan google AdSense, penempatan yang baik
akan mempengaruhi jumlah klik terhadap iklan google adsense yang kita
pasang, semakin banyak jumlah klik tentu saja nilai dolar yang kita
peroleh akan semakin besar. lantas dimanakan lokasi terbaik kita bisa menempatkan iklan google Adsense ?, dalam istilah adsense, kita mengenal heat map,
yaitu titik-titik tertentu dalam halaman blog kita yang sangat baik
untuk meletakan iklan adsense, pada umumnya lokasi tersebut adalah,
titik-titik tertentu dalam blog kita yang banyak mendapatkan perhatian
pengunjung. ketika kita menempatkan unit iklan adsense pada lokasi
tersebut, maka akan berpengaruh pada jumlah klik iklan adsense yang kita
miliki.
6. Faktor Level Domain Situs
Domain situs dengan Top Level Domain (TLD) bisa mempengaruhi besar
kecilnya nilai CPC google Adsense, nilai CPC iklan adsense yang kita
pasang pada situs dengan Top Level Domain (.com,.org, .co.id, dll) akan
lebih besar jika dibandingkan dengan nilai CPC iklan adsense yang
dipasang pada blog gratisan, seperti .blogspot, .wordpress dan
lain-lain, beberapa blogger yang sudah berpengalaman menggeluti adsense,
sudah membuktikan akan hal ini, oleh karena itu, jika kita punya
sedikit modal dan memutuskan untuk fokus lebih serius di Adsense,
sebaiknya kita memikirkan untuk memiliki TLD sendiri, sehingga
pendapatan dari google adsense bisa lebih maksimal.
7. Faktor Bounce Out Rate
Bounce out rate adalah ukuran lama tidaknya pengunjung nongkrong
di situs atau blog anda, semakin pengunjung berlama-lama disitus anda,
berarti nilai bounce out rate akan semakin kecil, semakin pengunjung
cepat meninggalkan blog anda, maka nilai bounce out rate akan semakin
besar, tugas kita jika kita ingin mendapatkan nilai CPC yang tinggi
adalah, berusaha untuk memperkecil bounce out rate, cara memperkecil
bounce out rate adalah dengan menyajikan konten yang berkualitas, unik
dan original, semakin kecil bounce out rate maka nilai CPC akan semakin
besar.
8. Faktor Jumlah dan jenis Iklan dalam satu halaman
Google adsense mengizinkan kita memasang iklan paling tidak 3 iklan
dalam satu halaman, semakin banyak iklan yang kita pasang maka peluang
mendapatkan klik akan semakin banyak juga, namun semakin banyak iklan
yang kita pasang dalam satu halaman maka nilai CPC untuk tiap iklan akan
semakin kecil, anda tinggal bijak dalam menentukan pilihan untuk jumlah
iklan ini, jika pengunjung sudah membludak, disarankan memperkecil
jumlah iklan, nilai CPC untuk 1 iklan dalam satu halaman akan lebih baik
dari pada 3 iklan dalam satu halaman, selain itu jenis dan ukuran iklan
yang kita pasang juga menentukan nilai CPC, sebaiknya memilih iklan
yang dapat menyajikan text dan gambar secara berganti, dan ukuran iklan
sebaiknya memilih iklan yang berdimensi 300 x zzz, karena iklan ini
paling banyak diminati oleh para advertiser, semakin banyak peminat
iklan maka iklan adsense yang ditampilkan akan memiliki nilai CPC yang
lebih baik.
9. Faktor Kata kunci dan Kualitas Artikel
Untuk mendapatkan nilai adsense yang baik, kita harus memperhatikan isi
artikel, untuk mendapatkan nilai adsense yang beragam dan baik,
sebaiknya kita membuat artikel yang panjang, berkualitas, informatif dan
kaya akan kata kunci, semakin banyak isi artikel maka kata kunci yang
bisa kita target akan semakin banyak, jika kata kunci banyak iklan
adsense akan menyesuaikan dengan kata kunci pada artikel yang
bersangkutan, semakin banyak ragam iklan yang ditampilkan, peluang
mendapatkan iklan dengan CPC tinggi pun akan semakin baik.
10. Faktor Loading Blog atau Situs
Loading blog adalah salah satu faktor yang diperhitungkan dalam SEO,
semakin cepat loading blog maka peluang artikel untuk ditemukan mesin
pencari akan semakin baik, loading blog sangat disukai oleh mesin
pencari atau search enggine, dan bukan hanya mesin pencari,
pengunjungpun secara tidak langsung sangat menyukai loading blog yang
cepat, dengan loading blog yang cepat pelung pengunjung mengklik iklan
yang kita pasang akan semakin cepat. dan blog yang kita miliki akan
mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari, dengan demikian visitor akan
semakin banyak dan akan berpengaruh pada pendapatan google adsense kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar